PENGURUS

PENDIRI/KETUA:

Foto-Kanya-2R. A. Kanya Varistha Devi Puspokusumo. Lahir di Bandung, tanggal 3 Juli 1971. Di dunia bisnis dan di dunia maya lebih dikenal dengan nama Kanya Puspokusumo. Mantan staf pengajar bahasa Jepang di STBA Yapari ABA-Bandung tahun 1996-2006. Pernah menempuh pendidikan di jurusan Bahasa dan Sastra Jepang Universitas Padjadjaran (Program Sarjana) pada tahun 1990-1995 dan di jurusan Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Pendidikan Indonesia (Program Pascasarjana) pada tahun 2003-2005. Pada tahun 2001, mengikuti program pertukaran dosen di Shizuoka, Jepang. Selain itu, pernah pula menempuh pendidikan di bidang Leadership di Robert Kennedy College-Switzerland dan Cumbria University-UK. Selain bahasa dan sastra, juga menekuni bidang kajian filsafat, budaya, dan pendidikan sejak tahun 1994 hingga sekarang. Saat ini aktif sebagai penulis, penerjemah, dan penyunting (editor) bahasa Inggris, Jepang, dan Perancis di berbagai media di dalam dan luar negeri.

Kanya seorang penyandang MS. Pada tahun 2008, ia mendirikan organisasi khusus penyandang MS, yaitu Indonesia Multiple Sclerosis Group (IMSG); yang sekarang bernama Yayasan Multipel Sklerosis Indonesia (YMSI)

Keberadaan YMSI didukung penuh oleh Multiple Sclerosis International Federation (MSIF) London-UK, yaitu organisasi internasional MS yang membawahi berbagai lembaga dan organisasi MS di dunia. Keterlibatan Kanya di dunia internasional salah satunya ditunjukkan dengan terpilihnya Kanya sebagai anggota Dewan Internasional MSIF pada tahun 2009 di Chicago, USA, dan cukup aktif mengikuti berbagai kegiatan yang diadakan oleh MSIF London-UK dan PBB (WHO) khususnya tentang kepedulian terhadap penyandang disabilitas karena MS.

Kisah hidupnya pernah dipublikasikan di BBC Radio London (2008), DA-AI TV (2009 dan 2011), Parents Indonesia Magazine (2013 dan 2014), Tabloid Nakita (2013), dan di beberapa website seperti MSIF website, AMSEL (website lembaga MS Jerman), dan sebagainya. Kisah hidup dan tulisan yang termuat di website MSIF dan MS in Focus Magazine telah diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan telah tersebar ke negara-negara seperti Itali, Jerman, Spanyol, Polandia, Hungaria, Perancis, Negara-negara Arab, Tiongkok, Jepang, Rusia, Belanda, dan sebagainya.

E-mail: kanya.puspokusumo@gmail.com //Facebook: Kanya Puspokusumo //Twitter: @kanyadevi

 

SEKRETARIS:

Foto-RiwantiDr. Riwanti Estiasari, Sp.S(K). Lahir tanggal 23 April 1973. Menempuh Pendidikan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) tahun 1991-1997. Kemudian melanjutkan program Pendidikan Dokter Spesialis Neurologi di FKUI tahun 2003-2007. Pada tahun 2008, mengikuti program Multiple Sclerosis Fellow di Kyushu University, Jepang. Sejak tahun 2013 melanjutkan ke program Pendidikan Doktor Biomedik (FKUI). Saat ini, dr Riwanti aktif sebagai staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dan staf Medik di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

E-mail: estiasari@gmail.com

 

BENDAHARA:

Foto-Rizal-2Dr. Ahmad Rizal Ganiem, Sp.S(K), Ph.D. Lahir tanggal 26 Mei 1967. Menempuh pendidikan kedokteran di Universitas Padjadjaran Bandung, lulus tahun 1990. Pada tahun 2003 menyelesaikan pendidikan neurologi di universitas yang sama. Tahun 2006 menempuh pendidikan doktoral di Universitas Radboud di Nijmegen-Belanda, lulus tahun 2013. Saat ini, dr. Rizal aktif sebagai dokter spesialis saraf di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, dan sebagai staf pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran Bandung.

E-mail: rizalbdg@gmail.com