MULTIPEL SKLEROSIS DAN VAKSIN COVID-19

Multipel Sklerosis dan Vaksin Covid-19
(Pemutakhiran tanggal 5 Maret 2021)

Beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia, telah memulai pemberian vaksin Covid-19 bagi masyarakatnya. Keamanannya bagi orang dengan penyakit bawaan/penyerta (komorbid), hingga kini masih terus dikaji oleh para ilmuwan dan dokter spesialis terkait.

Postingan ini adalah ikhtisar Global Covid-19 Advice for People with MS, atau rekomendasi organisasi MS dunia, Multiple Sclerosis International Federation (MSIF) London-UK, tentang Vaksin-vaksin Covid-19 dan Multipel Sklerosis (MS), berdasarkan pemutakhiran (update) tanggal 5 Maret 2021.

Rekomendasi disusun berdasarkan hasil penelitian, diskusi, dan konsultasi dengan para dokter spesialis saraf dan ilmuwan terkait yang tergabung dalam MSIF neurologists and scientific specialists dari berbagai negara, seperti yang tertulis di bagian akhir ikhtisar ini.

Rekomendasi ini dibuat khusus bagi penyandang autoimun Multipel Sklerosis, sehingga kemungkinan besar tidak bisa menjadi rekomendasi yang baik/aman bagi penyandang autoimun lain.

Rekomendasi lengkap (dalam bahasa Inggris) dalam format PDF dapat diunduh di tautan berikut
https://drive.google.com/file/d/1axivZmao7ibrVICVsR0Gw-nvghO7rJqX/view?fbclid=IwAR3p9I6sIf0AlskgOOtrQo_hix4bDI3m1evFjXWhMzXKyLuw-F-6wRjPMCo

Rekomendasi MSIF per tanggal 13 Januari 2021 tentang mRNA vaccines produksi Pfizer-BioNTech dan Moderna dapat diunduh di tautan berikut
https://drive.google.com/…/1hlRXUHCAE2BAMO6lxEN…/view…

========
YAYASAN MULTIPEL SKLEROSIS INDONESIA
R. A. Kanya Puspokusumo – Pendiri dan Ketua Umum YMSI
Dr. dr. Riwanti Estiasari, Sp. S (K) – Sekretaris YMSI/Neurolog di RS Cipto Mangunkusumo Jakarta
dr. Ahmad Rizal Ganiem, Sp.S (K), Ph.D – Bendahara YMSI/Neurolog di RS Hasan Sadikin Bandung

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.