TRIGEMINAL NEURALGIA (TN)

Trigeminal neuralgia (tic douloureux) adalah nyeri kronis dan parah pada saraf trigeminal; gejala langka dalam multipel sklerosis. Ini adalah ketika Anda begitu banyak kesakitan dan tidak ada yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa sakit (tidak ada usaha untuk pembunuh rasa sakit).

Rasa sakit yang disebabkan oleh trigeminal neuralgia (TN) biasanya memburuk dengan mengunyah, menyikat gigi, menyentuh wajah (bahkan sentuhan lembut! ), dan berbicara. TN pernah dicap sebagai ‘penyakit bunuh diri’, karena jumlah signifikan dari penderita merenggut nyawa mereka sendiri.

Saya memiliki toleransi yang sangat baik dalam menerima rasa sakit. Saya bisa mentolerir rasa sakit jauh lebih baik daripada kebanyakan orang lain. Saya masih bisa menunjukkan sedikit senyum dan mengatakan: “Aku baik-baik saja”, saat saya sedang sakit TN. Saya masih bisa menulis status di Facebook untuk memberi Anda info dan ‘mendidik’ orang-orang tentang TN.

Tapi, saya agak mengerti mengapa beberapa penderita TN di masa lalu bunuh diri: karena rasa sakit di TN adalah rasa sakit terburuk yang pernah saya alami… Tidak ada kata yang dapat menggambarkan persis apa yang saya rasakan. Saya hanya bisa mengatakan, bahwa rasanya seperti ditusuk oleh seratus pisau di wajahmu terus-menerus dan kadang-kadang tercampur oleh sensasi kebas.

Tapi tetap saja, itu bukan kata-kata yang tepat. Sakitnya terlalu banyak untuk digambarkan. Dan dikatakan hanya 3-4 % dari penyandang MS yang menderita TN. Jadi, saya sangat ‘beruntung’ menjadi salah satu dari 3-4 % tersebut.

0 thoughts on “TRIGEMINAL NEURALGIA (TN)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.