MEMPERINGATI HARI MS SEDUNIA (World MS Day) – 30 Mei 2019

Multipel Sklerosis atau multiple sclerosis (MS) adalah salah satu jenis penyakit autoimun; yaitu ketika sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga/melindungi tubuh dari serangan kuman/penyakit dari luar malah menjadi terlalu aktif, dan akhirnya menyerang tubuh sendiri.

Pada MS, secara spesifik yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh adalah selubung pelindung saraf (myelin). Ibaratnya sebuah kabel listrik yang lapisan pelindungnya baret-baret, rusak, atau hancur; seperti itulah keadaan myelin pada penyandang MS, yaitu baret, rusak, atau hancur.

Kabel yang pelindungnya rusak atau hancur dapat menyebabkan terganggu/berhentinya hantaran listrik dari pusat listrik ke sebuah barang elektronik, dan dapat menyebabkan barang elektronik tersebut tidak berfungsi atau rusak.

Demikian pula pada penyandang MS. Myelin yang baret, rusak, atau hancur menyebabkan terganggu/berhentinya penyampaian pesan dari otak ke berbagai bagian tubuh. Kegagalan atau terganggunya penyampaian pesan dari otak ke bagian-bagian tubuh menimbulkan berbagai gejala/kerusakan, seperti kesemutan, kelumpuhan, kesulitan bernapas, gangguan penglihatan, gangguan kognitif, dan sebagainya.

YAYASAN MULTIPEL SKLEROSIS INDONESIA (YMSI)
www.multiplesclerosis.or.id

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.