INDONESIA AUTOIMMUNE CAMPAIGN (IAC) GATHERING

iac002Indonesia Autoimmune Campaign (IAC) menyelenggarakan suatu kegiatan yang diberi nama IAC Gathering, pada tanggal 16 Oktober 2016 di Ballroom Kompas Gramedia, Palmerah Barat, Jakarta Barat.

Acara yang didukung oleh 13 komunitas/organisasi/yayasan penderita autoimun ini, dihadiri oleh 1.100 orang, baik penderita, caregiver (pendamping), maupun keluarga ini, dibuka secara resmi oleh Marisza Cardoba sebagai Ketua IAC.

Pada kegiatan ini terdapat sesi seminar yang menjelaskan tentang bagaimana survive terhadap autoimun; iac005bagaimana pengidap tidak terlalu tergantung pada obat; bagaimana pengidap dapat menerapkan pola dan makanan sehat, sehingga dapat mengurangi dosis obat; selain itu dijelaskan pula bagaimana menerapkan LDHS (Lima Dasar Hidup Sehat) dalam iac006kehidupan sehari-hari.

Selain seminar, kegiatan gathering ini juga dimeriahkan oleh yoga, pameran menu makanan sehat, pameran tanaman-tanaman organik, dan lain sebagainya.

 

 

 

 

 

iac009

 

 

 

 

 

 

 

 

iac007

iac004

 

 

 

 

 

 

 

 

iac010

iac003

 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga:

4 thoughts on “INDONESIA AUTOIMMUNE CAMPAIGN (IAC) GATHERING

  1. Salam, Mau tanya, Utk pasien autoimun yg menderita sakit saraf, apakah ada indikasi disebabkan oleh MS ?? gimana cara mengetahuinya ?? (Kalau dari ciri2 gejalanya sama dengan yg dijabarkan gejala MS)
    Tindakan medis apa saja yg hrs dilakukan untuk mengetahui MS ?? (Tes lab / radiologi apa?)

    Tks

    1. Halo Vivi

      Untuk memastikan apakah seseorang terkena MS atau tidak, perlu pemeriksaan tambahan. Diantaranya MRI, pemeriksaan darah, pemeriksaan cairan otak dan pemeriksaan saraf mata.
      Tentunya semua ini dilakukan sesuai dengan indikasi. Jika memang gejala dan tanda yg ditemukan memang mengarah ke MS.

      Semoga bermanfaat

      Salam

  2. Saya mau Bertanya… apakah pasien dengan RHEMATOID ARTRITIS juga dapat terkena MS??? saya sudah 3thn terkena RA 2bln ini tiba2 saya kesulitan mengalami gejala2 MS seperti tremor, pusing, Pingsan, lelah, pandangan Kabur, gangguan kencing dan gangguan berjalan Menurut dr diagnosa sementara Tetraparesis UMN suspect MS. Mohon Penjelasannya….

    1. Halo Rara

      Maaf baru dibalas…
      Penyandang RA bisa saja terkena penyakit autoimun lainnya. Tetapi sangat jarang ada yg terkena MS. Bisa jadi keluhan yg dirasakan Rara saat ini karena penyakit autoimun lain atau mungkin juga masih merupakan komplikasi dari RA itu sendiri.

      Mudah-mudahan jawaban ini bisa membantu.

      Salam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *