SHARING SESSION MANFAAT VITAMIN D BAGI PENYANDANG MS

Yayasan Multiple Sklerosis Indonesia (YMSI) menyelenggarakan acara Diskusi All About Vitamin D. Acara yang bersifat diskusi interaktif ini terlaksana pada hari Sabtu, 13 Agustus 2016, di ruang perkuliahan Neuro Sains, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, RSCM Pusat. Acara ini merupakan salah satu kegiatan YMSI untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang perkembangan dari penyakit Multiple Sclerosis (MS).

Pembukaan acara oleh Ibu Kanya Puspokusumo, Ketua YMSI
Pembukaan acara oleh Ibu Kanya Puspokusumo, Ketua YMSI

Acara ini dibuka oleh Ibu Kanya Puspokusumo, selaku Ketua YMSI dan dr. Riwanti, Sekretaris YMSI, serta dihadiri oleh lebih dari 30 orang, dimana terdiri dari para MS-ers (penderita MS), dokter, para caregiver (pendamping), dan keluarga MS-ers. Kemudian acara dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Presentasi dr. Kartika
Presentasi dr. Kartika

Setelah sesi makan siang bersama, kemudian dilanjutkan dengan pokok acara yaitu diskusi interaktif. Dalam acara diskusi tersebut, presentasi dibawakan oleh dr. Kartika Maharani, SpS. Melalui slide presentasi, beliau menyampaikan mengenai penyebab MS dan persebarannya. Beliau menyebutkan, “Angka MS pada daerah-daerah yang berlokasi di peri-equator, persebaran MS-nya lebih rendah, karena memiliki sinar matahari yang lebih banyak, dimana Vitamin D lebih banyak.” Beliau juga menyebutkan, bahwa individu yang mendapatkan paparan sinar matahari (UVB) yang cukup, artinya kadar Vitamin D lebih tinggi, memiliki resiko MS lebih rendah.

Presentasi dr. Kartika Maharani di hadapan para peserta
Presentasi dr. Kartika Maharani di hadapan para peserta

Masih menurut dr. Kartika, bahwa kadar Vitamin D dalam darah dapat memprediksi aktivitas dan progres MS. Selain itu, MS-ers dengan kadar Vitamin D yang tinggi akan mengalami angka disabilitas yang lebih rendah.

“Akan tetapi, seperti sebuah lagu, ternyata mengkonsumsi Vitamin D pun tidak boleh berlebihan apalagi kekurangan. Jadi yang sedang-sedang saja itu yang bagus, alias

Para peserta menyimak presentasi
Para peserta menyimak presentasi

yang pas dosisnya,” ujar dr. Kartika Maharani. Beberapa gejala kelebihan asupan Vitamin D adalah: mudah lelah, kurang nafsu makan, haus, BAK berlebihan, sulit BAB, dan batu ginjal. “Akan tetapi sangat jarang ditemukan gejala-gejala tersebut,” tambah dokter tersebut.

Presentasi beliau kemudian mendapat tanggapan beragam dari para peserta. Dan beberapa peserta lain sempat berbagi pengetahuan mereka tentang manfaat Vitamin D bagi para penderita MS.

Dr. Riwanri
Dr. Riwanri

Selain membahas presentasi All About Vitamin D, acara dilanjutkan dengan sharing and caring antara penderita dan para caregiver. Satu hal yang menjadi highlight pertemuan saat itu adalah, saat salah satu MS-ers berbagi berita bahagia. Dalam kondisi MS-nya, beliau mampu hamil dan melahirkan seorang bayi yang sehat tidak kurang satu apapun. Berita ini

membawa energi positif bagi para MS-ers, bahwa keajaiban itu ada. Berpikir positif akan selalu menjadi amunisi yang ampuh bagi para MS-ers dan para caregiver-nya untuk terus semangat menjalani hidup.

Acara kemudian ditutup dengan berfoto bersama dan bersilaturahmi.

 

 

Penanya-1_675x577   Penanya-2_381x475  Penanya-3_318x573

Penanya-4_546x686  Tampak-Belakang

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *