TALKSHOW: Health Food and Healthy Eating for PwMS, October 11, 2014

Pada hari Sabtu, tanggal 11 Oktober 2014, IMSG bekerjasama dengan Bandung Indah Plaza dan Infinity.co mengadakan talkshow dengan tema Health Food and Healthy Eating for Person with Multiple Sclerosis (PwMS).

Tempat penyelenggaraan acara: Atrium Bandung Indah Plaza, lantai 3, Jl. Merdeka Bandung

Acara berlangsung dari jam 13.00 – 16.00 WIB

Nara Sumber : Kanya Puspokusumo

Hiburan: Amarta Band

Acara ini disponsori oleh berbagai produk makanan sehat seperti Baio dan Nanou Greek Youghurt, serta sponsor lainnya yaitu Aston Braga Hotel, Hyatt Regency Hotel, MQ-FM Radio, Surat Kabar Radar Bandung, Gramedia Pustaka Utama, dan sebagainya.

 

GARIS BESAR MATERI TALKSHOW:

Pada dasarnya kondisi penyandang MS (terutama untuk penyandang MS tipe Relapsing-Remitting) dapat dikelola dengan cara menjalani gaya hidup sehat.

Belajar mengelola stress, olah raga cukup (low impact exercises) , dan makan makanan yang sehat menjadi salah satu syarat penting untuk menjalani gaya hidup sehat tersebut.

Dalam hal makanan sehat, ada beberapa diet yang dapat dilakukan oleh penyandang MS; misalnya vegan diet, non-glutten diet, dan sebagainya. Namun yang terbaik sebenarnya adalah well-balanced diet, yaitu menyeimbangkan semua unsur yang diperlukan oleh tubuh seperti protein, karbohidrat, lemak, serat, vitamin, mineral, dan cukup cairan.

Selain itu, jenis diet pun dapat disusun berdasarkan gejala yang diderita oleh penyandang. Misalnya, jika mengalami masalah gangguan kandung kemih, maka diperlukan jenis diet yang mengurangi konsumsi zat caffein (seperti kopi, teh, dsb). Jika mengalami gejala fatigue (rasa lelah berlebihan), maka disarankan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan energi yang tinggi namun tidak memiliki kadar gula yang terlalu tinggi, karena kadar gula yang tinggi dapat memperburuk kondisi fatigue. Contoh, makanan berenergi tinggi seperti wholegrain bread (roti gandum). Gejala fatigue pun dapat sedikit tertolong dengan menambah asupan cairan. Cairan tidak selalu harus berasal dari air minum, melainkan dapat pula berasal dari buah-buahan.

talk-show-health-1

talk-show-health-2

talk-show-health-3

talk-show-health-4

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.